Tips menjaga kesehatan badan untuk kondisi banyak pekerjaan

Pernah terkena maag tipes gara-gara sering lembur di tempat kerja ? Atau
badan menjadi pegel-pegel dan linu karena semalaman nggak istirahat ? obatnya gampang yaitu pergi ke tukang pijit dan minta pijet refleksi … hasilnya badan pasti tambah remek-remek semua 

 

Tulisan dibawah ini cukup panjang untuk dibaca, ada sekitar 6 tips dariku untuk menjaga kesehatan badan baik bada maupun jiwa. Ada hal-hal yang di luar kebiasaan kita. Tapi semua ada penjelasan ilmiahny …

Sejak awal aku bekerja sebagai seorang programmer, jadwal hidupku ada sedikit perubahan dalam hal tidur dan makan. Kedua hal ini sering tidak terpenuhi dalam hal waktu. Tidur larut malam, nggak tidur, makan telat dan males makan.

Kondisi di atas susah untuk aku hindari apalagi di saat banyak pekerjaan yang harus aku selesaikan untuk segera. Bahkan untuk berolah ragapun kadang nggak ada waktu. Padahal setiap harinya aku itu duduk dan duduk di depan komputer. Bergerak kalau lagi laper atau mandi dan sholat. Jadi udah kurang tidur, sering telat makan dan jarang olah raga. Rawan sekali terhadap gangguan kesehatan.

Ditambah dengan kondisi ruang ber AC yang juga mempengaruhi metabloisme kulit dalam berkeringat. Aku menjadi orang yang jarang kringetan. Wah kalo gitu kondisi ahsan nggak baik tuh kalo diterus-terusin. Masa muda memang masih kuat, tapi masa tua siapa yang tau.

Dan itulah yang sebenarnya aku sedang pikirkan. Bagaimana cara menjaga kesehatanku dalam kondisi yang seperti ini. Memang benar banget bahwa kita harus berusaha menjaga kesehatan kita mulai dari sekarang sampai sampai esok hari.

Tetapi dari tahun 2007 yang lalu, aku seolah menemukan solusi yang bisa aku lakukan untuk menjaga kondisi kesehatanku. Semuanya berdasarkan pengalaman, ada yang ekstreem, ada yang menyenangkan dan ada juga yang kayaknya nggak masuk akal. Oke, akan aku jelaskan satu persatu.

1. BERJEMUR
Wakakaaa…. apa hubungannya banyak kerjaan sama berjemur ? ada ada aja ! …
Kondisi badan yang hampir setiap saat berada di ruang ac membuat tubuh jarang mengeluarkan keringat. Ini nggak baik bagi tubuh. Kemudian juga membuat kulit menjadi manja.

Nah dengan berjemur ini akan membuat tubuh berkeringat dan ada cahaya yang diterima tubuh. Ini untuk mengimbangi kondisi kulit agar nggak manja. Bayangkan saja orang yang biasanya sehari-hari di dalam gedung dan ruangan ac, tiba-tiba suruh berjalan di bawah terik matahari, yang terjadi adalah rasa panas yang luar biasa dan kulit rasanya terbakar bahkan bisa hitam.

Dengan pembiasaan yang sering antara berjemur dan di ruanfan ac yang dingin, kulit secara alami akan menyesuaikan diri untuk lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Itu penjelasan singkat secara ilmiahnya.

2. MAKAN DENGAN PORSI LEBIH BANYAK
Jika kita biasanya sekali makan 1 piring nasi, untuk mengantisipasi kondisi yang sebelumnya aku ceritakan, sebaiknya porsi makan kita tambah. Misalnya dari 1 piring menjadi 2 piring. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan, termasuk kalau takut gemuk insyaAllah tidak akan terjadi. Lho koq bisa ? Baca saja uraian di bawah ini :

  1. Akan memiliki stok energi yang lebih banyak,
    Ini sangat penting karena walau hanya mikir : kerja otak, tetapi konsumsi energi juga sangat tinggi. Buktinya kalau lagi banyak pikiran menjadi cepat laper yang efeknya adalah peningkatan asam lambung. Jika hal ini tidak diimbangi dengan jumlah makanan yang banyak, maka arahnya bisa jadi maag. Ini yang bayak terjadi ketika orang lagi banyak pikiran.
  2. Mengantisipasi kalau telat makan.
    Kondisi kerjaan yang banyak sering membuat kita telat makan. Sebanya bisa banyak seperti males keluar cari makanan atau menunda-nunda jadwal makan demi merampungkan kerjaan terlebih dahulu. Jika sebelumnya sudah makan banyak, maka paling tidak masih ada bahan makanan yang bisa untuk dicerna sama perut. Atau proses pencernaan lebih lama.
  3. Meningkatkan ketahanan badan.
    Kondisi badan sebagian besar tergantung pada asupan makanan yang masuk. Kalau kebutuhan energi tubuh dengan asupan tidak seimbang, maka bisa jadi kurus atau bisa jadi penyakit. Nah dengan makan banyak pada kondisi banyak pekerjaan, ini akan mengimbangi antara kebutuhan energi otak dengan asupan makanan, sehingga tubuh yang lain juga masih kebagian jatah.

TAKUT GENDUT ?
Lha kalau banyak makan kan ntar jadi gendut !
Itu emang bener tapi itu terjadi dalam kondisi banyak makan sedikit kerja, maka gizi yang masuk akan lebih banyak dari pada yang dibutuhkan. Kalau kondisi kerja kita membutuhkan banyak energi (ingat lho, berpikir itu konsumsi energinya juga besar), maka jumlah makanan yang dibutuhkan juga harus diimbangi. Kalau tidak ya siap-siap aja kena tipes, atau maag.

3. JANGAN MAKAN TERATUR
Lho koq malah jangan makan secara teratur ? gimana sih ? ide goblok nih namanya !
Ha ha ha … itulah solusi gilaku yang aku buktikan ampuh , baca nih penjelasan ilmiahnya ! pokoknya dapat dipertanggunjawabkan secara ilmiah.

Manusia pada umumnya makan sehari tiga kali yaitu pagi, siang dan malam. Ada juga yang empat kali yaitu pagi, siang, sore dam malam. Dan pada kenyataanya orang cenderung untuk makan tepat waktu dikondisikan dengan aktivitas sehari-hari. Rutinitas itu secara alamiah membuat seseorang akan merasa lapar pada jam-jam makan seperti biasanya. Rasa lapar ini disebabkan keluarnya asam lambung untuk mencerna makanan.

Yang sering terjadi adalah banyaknya pekerjaan membuat kita telat makan. Telat makan ini dalam kondisi perut kita memiliki jadwal mencerna makanan yang teratur, maka asam lambung yang keluar justru akan mencerna dinding-dinding lambung, yang akibatnya adalah rasa sakit, nyeri pada lambung. Kalau kondisi ini terus-terusan, maka bisa jadi maag.

Lho solusinya gampang ! Tinggal makan teratur pada waktunya !
Emangnya gampang ngewujudin hal itu pada saat kondisi lagi banyak pekerjaan ? Aku mau deh cium tangan sama orang yang bisa kaya gitu, belum pernah aku nemuin orang yang bisa disiplin makan di kala banyak pekerjaan.

Lha kan jam istirahat sudah pasti ! walau banyak kerjaan, waktunya istirahat pasti bisa makan !
Tolong dibedakan, antara pekerjaan rutin dengan pekerjaan non admnistrasi. Pekerjaan rutin ya seperti bagian administrasi, resepsionis, call center. Jadwal hidup mereka sudah bisa dipastikan dari waktu ke waktu. Jam segini masuk, jam segitu istirahat dan jam sekian selesai atau ganti orang. Nah kalau tipe perkerjaan non administrasi ini tipikalnya adalah tidak terikat oleh waktu dan tempat. Bisa satu pekerjaan selesai 2 bulan.

Hasilnya adalah kini aku bisa merasakan manfaatnya, aku telat makan nggak tersiksa dengan perasaan lapar yang terlalu, kalau aku terlambat makan, bisa tergantikan oleh porsi makan berikutnya yang dua kali atau tiga kali lipat. Nggak masalah deh kalau tiba-tiba ada rapat jam 11 dan selesai jam 14 siang…

4. LAWAN INSOMIA : JADILAH ORANG YANG MUDAH TIDUR DIMANAPUN BERADA
Pelor dong : Nempel langsung molor !

Hi hi hi, itu dia seninya. Aku tuh sering ndengkur saat siang bolong seperti jam 10 pagi, atau jam 3 sore. Wah nggak sopan banget, yang lain masih pada kerja, ini orang malah enak-enakan molor.

Otak ini butuh istirahat. Satu-satunya cara agar otak istirahat adalah dengan cara tidur. Setelah tidur otak akan lebih fresh dan seger lagi. Ini sangat bermanfaat buat tipe pekerjaan yang pemikir seperti saya. Halah alesan aja …

Hoiii… ini penjelasan ilmiahnya !
Dalam kondisi tubuh kita yang harus melayani pekerjaan yang berat dan makan waktu, apalagi lembur dan tidur larut malam adalah santapan setiap hari. Nggak mungkin ada orang yang kuat terus-menerus untuk nggak istirahat. Kata dokter manusia itu batas maksimal nggak tidur adalah 2 hari 2 malam. Kalau lewat dari itu pokoknya tubuh akan menjadi nggak beres…

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak walaupun cuma 10 menit atau 15 menit. Lama waktu ini adalah sangat singkat dalam usia pekerjaan kita. Demi menjaga kondisi otak agar tetep seger, badan agar nggak capek ya kalau ngantuk tidur !

5. SERING-SERING REFRESHING
Gunanya adalah untuk sejenak melupakan kepenatan dan kekisruhan pikiran, menjaga kestabilan emosi dan pikiran. Soalnya kadang-kadang tanpa kita sadari kita mendadak jadi gampang emosi, gampang marah, itu artinya pikiran kita sedang penuh dan jenuh. Bahkan kadang-kadang bisa berujung dengan stres dan gangguan emosional.

Cara untuk refreshing adalah Obat pelangsing herbal untuk setiap orang. Kalau aku biasanya dengan melihat yang bening-bening. Yaa apa aja yang penting bening terlihat oleh mata. Hal ini tergambar dalam postinganku yang ini

Advertisements

Tetap Langsing Saat Libur Lebaran

bu Dokter, sa­ya adalah tipe yang gampang sekali gemuk. Makan sedikit sa­ja,­ badan langsung melar. Apalagi di saat Lebaran, banyak makanan yang menggoda. Apa resepnya ya, Dok, agar badan tetap langsing tetapi tetap bisa menikmati hidangan Lebaran? Terima kasih, Dok. Salam. 

Maya, Jakarta  

Liburan tentu sangat menyenangkan, tetapi terkadang menciptakan beberapa masalah dalam tubuh, terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan makanan.

Saat mudik misalnya, selain ken­­daraan harus­ da­lam kondisi­ pri­ma, bekal sehat selama perjalanan ju­ga tak kalah penting. Jika memilih perjalanan darat, dengan mobil atau kereta api, bekal makanan sehat bisa Anda siapkan.

Jangan salah, gara-gara minum minuman manis terlalu banyak dan ngemil gorengan, selain membuat bobot bertambah, tubuh jadi lemas dan mudah lelah.

Berikut adalah tips agar tetap langsing dan sehat selama mudik:  

1 Hindari Makan  Berlebihan 

Lebaran identik dengan hamparan makanan lezat yang terhidang, baik di rumah kita sendiri maupun di setiap rumah lain yang kita kunjungi untuk bersilaturahmi. Makanan yang tersaji pun tidak jauh-jauh dari masakan bersantan, gorengan, dan berlemak. Selain itu, makanan dan minuman yang disajikan juga sering mengandung kadar gula yang tinggi.

Nah, jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, Anda tentu sudah tahu apa risikonya. Timbunan lemak dalam tubuh bertambah dan berat badan ikut melonjak naik dengan drastis! Jadi, hindari makan berlebih.

2 Siasati Pilihan Makanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali makanan tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak yang disajikan selama Lebaran. Oleh karena itu, siasati dengan cara menghindari kuah santan dari rendang, opor, gulai, dan lainnya, cukup konsumsi dagingnya saja. Selain itu, konsumsilah daging ayam tanpa kulitnya atau daging sapi tanpa lemaknya. Pilih juga makanan yang tidak digoreng, tapi bisa pilih yang di-steam , direbus, atau dipanggang.

3 Hidangkan Menu Sehat 

Tambahkan makanan sehat dalam menu Lebaran Anda, misalnya sup sehat berisi sayuran, gado-gado, ayam bakar, pepes ikan, dan sebagainya. Selain itu, hidangkan juga buah, misalnya dalam bentuk buah potong, salad buah, dan lain-lain. Buah dan sayur adalah menu wajib bagi Anda meskipun menu khas Lebaran seringkali minim akan makanan-makanan ini.

4 Banyak Minum Air Putih

Daripada memilih soft drink , sirup, punch , atau minuman manis dan berkalori tinggi lainnya, lebih baik perbanyak minum air putih yang lebih sehat dan menyegarkan.

5 Sedikit Tapi Sering

Setelah Lebaran, kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk kembali ke pola makan 5-6 kali sehari seperti yang biasa dilakukan. Untuk itu, sebisa mungkin kuatkan niat Anda untuk menjaga berat badan selama liburan ini dengan mengatur porsi makan Anda menjadi lebih kecil tapi dengan frekuensi lebih sering. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus, karena selain membuat berat badan Anda bertambah tapi juga mengganggu pencernaan Anda.

6 Tetap Aktif

Berolahraga teratur selama liburan memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Meskipun kesibukan untuk berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara sangat menyita waktu Anda, tapi tetap luangkanlah waktu untuk berolahraga teratur, minimal 30 menit sehari. Anda bisa jalan cepat atau jogging  di pagi hari untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif.

Nah, ikuti tips di atas untuk menghindari naiknya berat badan selama libur Lebaran. Selamat menikmati Lebaran dengan sehat!

Manfaat Lidah buaya bagi tubuh

Manfaat lidah buaya sangat banyak dan baik bagi tubuh kita.

Lidah buaya biasa dikenal sebagai tanaman obat alami sejak zaman dahulu kala karena begitu banyaknya khasiat dan manfaat yang dimiliki nya.

1. Manfaat lidah buaya bagi rambut

  • Segabai penumbuh rambut tradisional : Lidah buaya mengandung zat glyco protein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.
  • Menghilangkan ketombe : Apabila di gunakan untuk keramas, cairan lidah buaya dapat mengurangi dan menghilangkan ketombe.
  • Menghitamkan rambut : Dengan menggunakan cairan lidah buaya yang telah dicampur serbuk bulir padi yang telah dibakar dan diratakan ke seluruh rambut akan dapat menghitamkan rambut.

2. Lidah buaya bermanfaat bagi kulit

  • Menjaga kelembaban kulit : Kandungan lignin pada lidah buaya berkhasiat untuk menjaga tingkat kelembaban dan PH kulit.
  • Menjaga kekencangan kulit : Jika digunakan secara teratur, terapi lidah buaya pada kulit ini dapat menjaga dan merawat kulit wajah agar tetap kencang.
  • Menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka pada kulit : Kandungan asam amino pada lidah buaya dapat mempercepat regenerasi kulit, sehingga dapat memperbaiki sel kulit rusak yang dikarenakan oleh bekas jerawat ataupun luka.
  • Memperbaiki kulit yang terbakar matahari : Tidak jarang kita mengalami kulit terbakar matahari terutama bila kita banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, lidah buaya merupakan salah satu obat yang manjur dalam mengatasi masalah ini.
  • Kulit gatal karena gigitan serangga : Lidah buaya dapat juga digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang timbul akibat gigitan serangga.
  • Mencerahkan wajah : Gunakan sebagai masker wajah, dapat juga di campur dengan air mawar agar hasil semakin maksimal.

3. Manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh

  • Lidah buaya merupakan peluruh racun alami, sehingga dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara teratur.
  • Zat antioksidan yang terkandung dalam lidah buaya dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.
  • Membantu kelancaraan sistem pencernaan, terutama dalam mengobati luka pada usus.

Bila di olah menjadi minuman, lidah buaya akan menjadi minuman yang rendah kolesterol dan kadar gula, sehingga Manfaat tubuh anda dapat dirasakan oleh para penderita diabetes.

Detil info baca disini: http://berbinarbinar.com/tips-kecantikan/tips-perawatan-tubuh/manfaat-lidah-buaya-bagi-tubuh.html